14 Arti Kemerdekaan??




Tujuh belas agustus tahun empat lima...
Itulah hati kemerdekaan kita...
Hari merdeka Nusa dan Bangsa...
Hari lahirnya bangsa Indonesia...
Merdeka...
Sekali merdeka tetap merdeka...
Selama hayat masih dikandung badan...
Kita tetap setia tetap setia...
Mempertahankan Indonesia...
Kita tetap setia tetap setia...
Membangun negara kita...


Sebuah lagu ciptaan H. Mutahar ini lah yang selalu di serukan dan selalu terdengar di seluruh penjuruh Nusantara setiap tanggal 17 Agustus. Sebuah lagu yang berjudul "Hari Merdeka" ini dinyanyikan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia dengan senang gembira dan semangat tanpa memandang usia, suku, ras, budaya dan agama. :D Akan tetapi, ada sesuatu yang hilang dari semangat rakyat Indonesia saat menyanyikan lagu tersebut. Suatu bagian yang hilang tersebut adalah "Apa arti Kemerdekaan dan Bagaimana kita memaknai Kemerdekaan."


Banyak orang Indonesia yang jika di tanya , Apakah makna/arti kemerdekaan? Apakah sesungguhnya Indonesia sudah Merdeka?. Pasti banyak orang Indonesia yang menjawab Tidak tahu.
Menurut kamus Bahasa Indonesia, Merdeka ialah bebas dan lepas dari segala macam penjajahan. Macam-macam Penjajahan tersebut bisa berupa Penjajahan Fisik, Ekonomi, Politik dan sebagainya. Menurut saya pengertian Merdeka seperti ini pun belum mampu untuk setidaknya mewakili makna arti kemerdekaan secara sempurna. Tapi saya rasa jika hanya untuk menggambarkan apa itu arti Kemerdekaan secara garis besar, pandangan tersebut cukup.


Jika di bilang Bangsa Indonesia ini telah merdeka sepenuhnya? maka jawabannya adalah belum. Karena masih banyak Penjajahan Fisik, Ekonomi bahkan Politik, dan yang lebih parahnya lagi. Penjajahan tersebut dialami oleh sesama Rakyat Indonesia sendiri, kemiskinan dan kemelaratan kian banyak dan menjamur di Indonesia, para Pejabat-pejabat dan para Petinggi negara banyak yang "Korupsi" atau istilahnya "Mengambil uang Rakyat dengan diam-diam dengan secara tidak terhormat". Jadi Apakah Indonesia bisa dikatakan sudah merdeka? Anda pasti sudah tahu jawabannya.


Menurut saya arti "Kemerdekaan" adalah kebebasan dari belenggu penjajahan hawa nafsu dalam diri kita. Hawa nafsu wajib kita kendalikan, karena jika hawa nafsu kita tak terkendalikan akan banyak terjadi Peperangan antar agama/antar suku,  banyak terjadi Kemaksiatan, ke tidak adilan, ke ganasan, ke kejian, ke hancuran dan keinginan-keinginan yang yang dapat memecah belah suatu rasa kesatuan yang dapat berdampak buruk bagi suatu Wilayah atau Negara. Jadi, harapan saya dan mungkin ini juga harapan seluruh Rakyat Indonesia bahwa "Setidaknya bangsa Indonesia ini bisa sedikit terbebas (syukur-syukur bisa terbebas sepenuhnya) dari belenggu Nafsu negatif yang dapat membawa malapetaka."
Semoga bangsa Indonesia ini bisa lebih memaknai "Kemerdekaan" ini dengan arti kemerdekaan yang sesungguhnya. Insya Allah bangsa ini bisa lebih Makmur, tentram dan Sejahtera. Sehingga kemerdekaan ini tidak hanya untuk di peringati dan dilagukan, tetapi jadikan Kemerdekaan sebagai bahan renungan untuk bisa melangkah dan menatap masa depan yang lebih baik lagi.

14 Comments

  1. wkwkwkw merdeka buat ane jg blm. udah merdeka buat orang berduit(kaya), kalo kaya ane ya blm merdeka

    BalasHapus
  2. negri ini blum bisa di sbut merdeka seutuhnya karna masih bnyak rakyatnya yg mendritanegri ini blum bisa di sbut merdeka seutuhnya karna masih bnyak rakyatnya yg mendrita

    BalasHapus
  3. Doraemon Spears2 September 2011 09.04

    Indonesia blm merdeka krna msh ada rakyat yg serba kekurangan :mewek: ,nice post adikku ajik,hahaIndonesia blm merdeka krna msh ada rakyat yg serba kekurangan :mewek: ,nice post adikku ajik,haha

    BalasHapus
  4. nie menurut saya
    saat ini bangsa kita bangsa indonesia belum merdeka...
    yg merdeka cuma konglomerat...
    sedangkan rakyat melarat...
    kita masih dijajah negara barat...
    pokokx berattttttttttttttttttttt...
    sekian terima kasih
    hehehehe

    BalasHapus
  5. smga Indonesia smakin maju dan "MERDEKA"smga Indonesia smakin maju dan "MERDEKA"

    BalasHapus
  6. redo rizki aka ane_rizq :D2 September 2011 14.48

    skali merdeka ttap merdeka ;D

    BalasHapus
  7. Waaooww tmen2 PULSER lg meninjau Blog ane.. hheeh WELCOME gan...

    @hieruma, iya gan buat yg udah pada Tajir2, eh btw km kan jg bisa dibilang kaya.. heheheh

    @juhi, iya om rakyat menderita gak di perhatiin, malahan dulu Presidennya malah minta naik gaji... huuh.. Rakyat di Terlantarin.

    @dora, he iya tante, pada di raup pejabat .. hehe (wew double tuh wkwkwk)

    @bugist., waaw semoga bpk menteri TIK lewat blog saya dan liat ini (Quote from Bugist)

    yg merdeka cuma konglomerat...
    sedangkan rakyat melarat...
    kita masih dijajah negara barat...
    pokokx berattttttttttttttttttttt...

    wkwkwk gmana yah expresinya.. hehe

    @luki, Yup luk, MERDEKA (tapi keknya masih jauh harapan) hehee

    @bambang, loh kok hidup or mati! ?? hehe pengalaman pribadi yah...

    @kiki, iya ki tapi para perjabatnya gak mau memerdekakan Rakyatnya, masih mikirin Harta (cz msh banyak Korupsi tuh.,) hehe

    BalasHapus
  8. tetap semangat !!! walau kini kita (rakyat) belum benar2 merdeka

    BalasHapus
  9. Bukan bermaksud ga menghargai nilai dan arti kemerdekaan.
    Namun bagi gue,17 agustus tidak lebih dari sebuah hari libur jika di lihat dari keadaan sekarang.
    Kita2 banting tulang,namun siapakah yg menikmati hasilnya.
    Tentu kawan2 sudah bisa menerka,mobil mewah,berdasi,jas,dan 'TIKUS'

    BalasHapus
  10. @om Ghost, wew si om mampir hehe.. iya om masih jauh.. hehe

    @dimension (Leftrand) hehe, iya Pejabat2 yg pada korupsi, kalo ketangkep pada nge LES, pada Munafik alias nyangkal, padahal udah banyak bukti kalo mereka yg Korupsi... huh... Bner tgl 17 Agt taun ini jg terliat biasa2 saja gan, cuma aku agak kerasa lebih berbeda karena bulan Puasa, dan mgkin kalo gak barengan ama Bulan Ramadhan, tgl 17 Agt kmaren bakal jd Hari yang Sangat biasa... heheh seakan tak ada yg istimewa.. ihhihhi

    Peace dah buat para pejabat yg baca... hehe

    BalasHapus
  11. Hahaha,di baca pun gpp jik.Biar mereka tau mayoritas pendapat tentang pemerintah seperti apa,hihihi.

    BalasHapus
  12. @om dimension, wew neo udah up yah? wkwkwkk hmm semoga aja bner2 ada yang liat dah.. hehe

    BalasHapus
  13. mantap lagh infonya , jadi tau ane .....

    BalasHapus

Please use "your name or username" for comment :D thanks